oleh

Mantap, Disdukcapil Bandar Lampung Raih Peringkat 8 Pelayanan Publik

5W1H, Bandar Lampung – Dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung mendapatkan rangking ke-8 dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Dari torehan prestasi tersebut, Kadisdukcapil Kota Bandar Lampung diundang untuk menerima penghargaan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Wilayah II Tahun 2019.

“Ini merupakan kebanggan bagi saya terutama dan bagi kota Bandar Lampung berkat kerja bareng kita bersama,” ungkap A. Zainuddin, Kadisdukcapil Kota Bandar Lampung, Jumat (22/11/2019).

Ia menuturkan dalam rangka menjalankan amanah UU Nomor 25 Tahun 2009 pasal 7 ayat 3 huruf C tentang Pelayanan Publik dan meneruskan pesan Menpan RB Nomor 17 Tahun 2019 yang pertama bahwa penyelenggara pelayanan publik terutama Disdukcapil, PTSP dan rumah sakit daerah hendaknya melaksanakan dengan sebaik mungkin dalam melayani masyarakat.

Baca Juga  Sekdaprov Fahrizal Jadi Narasumber dalam Rapat Forkom Kadisdukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung

Hal ini dipengaruhi oleh lima poin yaitu pertama, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), kedua, kesediaan perangkat, ketiga, dukungan anggaran artinya komitmen pimpinan.

“Lalu, keempat yaitu kesediaan sarana dan prasarana dan yang kelima kebersamaan (mekanisme harus dijalankan dengan baik). Dari kelima poin itu kita bersyukur Alhamdulillah Kota Bandar Lampung telah memenuhi persyaratan itu,” tuturnya.

Ia menjelaskan sudah ada tiga kali tim turun dalam tahun 2019 ini. Tim yang pertama dari Menpan RB itu turun secara langsung dengan melihat, memantau dan sekaligus menilai apa-apa yang sudah kita lakukan dari lima poin tersebut.

Baca Juga  Pemenang Lomba Kepramukaan Diumumkan, Berikut Juaranya

Kemudian, pihaknya melaksanakan pemaparan/presentasi tentang penyelenggaraan pelayanan pada saat itu di bulan September yang disaksikan oleh sekda, asisten dan beberapa satker di Novotel.

“Dari hasil itu ditindaklanjuti oleh tim yang ketiga. Yang ketiga itu yang tim seluruh Indonesia ini minta bantuan kepada BPS,” jelasnya.

Lanjut Zainuddin mengatakan dari tiga tim ini, kota Bandar Lampung masuk mendapatkan nilai yang cukup tinggi dari mana 10 besar kabupaten/kota seluruh Indonesia yaitu 514 kabupaten/kota masuk di ranking 8 seperti surat yang sudah diterima.

Baca Juga  Memajukan UMKM, Anna-Fritz Luncurkan Pasar Digital Jualanmbakanna.id

“Mudah-mudahan hari ini saya dan tiga orang staf saya yaitu ada tiga kasubag yang akan ikut saya untuk  menerima penghargaan dari bapak Menpan RB secara langsung,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan penghargaan yang keempat saat dirinya menjabat di sini dan sudah tiga tahun berjalan sudah empat kali mendapatkan penghargaan.

“Yang sudah kepegang adalah tiga penghargaan dan yang hari ini satu penghargaan dan yang kedua mendapat penghargaan khusus yaitu sebagai pelaksana penyelenggaraan the best pelayanan publik 2019 provinsi Lampung yaitu kota Bandar Lampung,” pungkasnya. (SA)

(Visited 36 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed