oleh

Pengguna Motor Matik? 7 Kebiasaan Ini Patut Dihindari Agar Tidak Cepat Rusak

-Nasional-471 views

5W1HIndonesia.id, Otomotif – Perkembangan dunia transportasi kini semakin beragam, bahkan dalam sistem perseneling pun saat ini sudah ada dua pilihan yaitu manual dan matik.

Namun siapa sangka, hal-hal berikut ini dapat membuat motor matik gampang aus dan rusak. Berikut penjelasannya dilansir dari kumparan.com:

Baca Juga  PLN Sediakan Layanan Listrik Berkualitas, Peringkat Getting Electricity Indonesia Meningkat Tajam

1. Langsung Menghidupkan Mesin
Terakhir dan yang paling banyak dilakukan adalah langsung menghidupkan mesin ketika kunci kontak ke posisi on. Padahal seharusnya bagi motor matik injeksi menunggu sampai indikator MIL (Malfunction Indicator Light) hilang. Ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui apakah ada kerusakan pada motor.

Baca Juga  PLN Siap Jalankan Keputusan Pemerintah Perpanjang Stimulus Listrik Periode April – Juni 2021

2. Tuas Rem Selalu Ditekan Ketika Berjalan

Ada juga pengendara yang secara tidak sadar menempelkan jari pada tuas rem. Selain membuat lampu rem cepat putus, komponen kampas rem juga akan cepat aus sebelum waktunya.

3. Menahan Gas (RPM) Saat Macet
Perilaku salah pertama adalah menahan tuas gas saat di kemacetan. Mereka membuka gas sedikit namun laju motor tertahan oleh tuas rem. Nah, jika sering dilakukan konsekuensinya adalah keausan pada komponen kampas kopling. Jika sudah begini, siap-siap merogoh kocek Rp 500 ribuan.

Baca Juga  PLN Beri Diskon Tambah Daya "Super Wow" Lewat Gebyar Kemerdekaan 2020
(Visited 38 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed