oleh

Tingkatkan Keamanan Informasi,  Perusahaan Terapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi

-Nasional-1.131 views

5W1HIndonesia.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 menyebabkan kerugian di berbagai sektor bisnis, sektor pariwisata, perhotelan, travel, serta transportasi merupakan sektor bisnis yang mengalami penurunan.

Namun di sisi lain, sektor bisnis digital justru mengalami tren peningkatan. Berdasarkan data, terjadi peningkatan transaksi online dalam kategori kesehatan, bahan makanan, dan kebutuhan pokok di startup marketplace sebesar 30%.

Baca Juga  BSN Tetapkan SNI ISO/PAS 45005 : 2020

Perkembangan teknologi digital dan akses internet sangat memudahkan terjadinya transaksi bisnis.

Berdasarkan data tahun 2018, jumlah konsumen e-commerce di Indonesia mencapai 30 juta. Disinyalir, 8 dari 10 orang Indonesia setiap bulannya membeli paling tidak 1 produk melalui e-commerce.

Baca Juga  BSN Beri Akses Gratis Dokumen SNI dan ISO terkait Covid-19

Secara umum, transaksi melalui e-commerce memang memiliki berbagai keuntungan. Transaksi dapat dilakukan secara cepat tanpa terbatas ruang dan waktu, produk yang tersedia sangat beragam, dan konsumen dapat langsung membandingkan harga antar seller, bahkan antar marketplace.

Namun, dibalik itu semua ada tantangan pengendalian dan jaminan keamanan data pribadi konsumen.

Baca Juga  Bangkitkan Optimisme, BSN Selenggarakan Pameran IQE

Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi dan Teknologi Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Yustinus Kristianto Widiwardono sangat menyayangkan maraknya berita yang menyebutkan terjadinya pencurian data pribadi dalam e-commerce akhir-akhir ini.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed