oleh

Diikuti 60 Camat se-Provinsi Lampung, Pemprov Lampung Gelar Bimtek Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah

5W1HIndonesia.id, Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Qudratul Ikhwan, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah, yang diikuti sedikitnya 60 camat se-Provinsi Lampung, di Ballrom Hotel Horison, Kamis (20/10/2022).

Bimtek bertema “Strategi Pengelolaan Manajemen Bencana untuk Mendukung Lampung Berjaya” ini berlangsung pada 20-22 Oktober 2022 di Ballroom Hotel Horison.

Pada kesempatan itu, Qudratul menekankan bahwa Kecamatan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat.

Baca Juga  Kadiv Humas GPAN Provinsi Lampung Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Hal ini menjadikan camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh bupati/walikota untuk dilaksanakan dalam wilayah kecamatan.

Menurut Qudratul, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, selain menjalankan perannya sebagai pembina dan pengawas pemerintahan desa, camat juga selaku kepala wilayah, mempunyai peran penting dalam penanggulangan bencana di daerahnya.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, camat diharapkan mampu menjadi garda terdepan dan berperan aktif dalam upaya pengelolaan pencegahan dan penanganan bencana di wilayahnya masing-masing.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *